Hati-hati dengan produk kecap dari China mainland

Friday, July 28, 2006 | | |

Baru saja baca dari boing-boing, produk soy sauce aka kecap dari China terbuat dari amino acid syrup. Yang darimana daripada itu, ternyata amino acid syrup terbuat dari ekstrak rambut manusia. Yoi rambut man... hiiii...

Menurut The Internet Journal of Toxicology, yang dalam laporannya seperti terlihat disini. Bahan utama amino acid berasal dari human hair from hospital, barbershop and salon. Lalu bagaimanakah memproses rambut manusia menjadi amino acid syrup atau amino acid powder?


Lalu kenapakah dipilih rambut manusia? Karena rambut manusia dalam hal ini lebih murah dan kaya akan protein. Kurang lebih hampir mirip dengan biji kedelai sebagai bahan utama kecap tradisional. Dengan cita rasa hampir sama pula.

Lalu kenapa ketjap tjap ramboet ini menjijikkan? Karena ramboet yang mereka dapatkan, tidaklah selalu higenis [bagaimana disebut higenis kalau mereka mendapatkannya dari rumah sakit dan salon. Damnn..!!]. Disebutkan pula, rambut manusia sebagai bahan dasar amino acid terkadang bercampur dengan kondom [Hoeeekkk...], kapas rumah sakit, dll...


Tapi ini bukan sesuatu yang baru kok. Di masa perang dunia ke II. Jepang juga menggunakan rambut manusia sebagai pengganti ketjap. Karena kedelai sebagai bahan utamanya, terlalu berharga untuk menjadi ketjap. Lebih baik menjadi bahan makanan sahaja.


Bagaimana dengan anda? Masih nekat makan ketjap asal China? Lebih baik dilihat bahan dasarnya dulu deh. Meski tidak semua, tetapi lebih pantas kalo kita berhati-hati memakan bahan makanan made in china.


Yes..yes.. produk china sux..

4 komentar:

  1. Anonymous says:

    weitss...masasih...

    gw baru tau kalo dibikinnya dari rambut manusia yang sumbernya menyatu dengan kondom yaiks....

    eh... kalo kecap ABC indo asli kan...
    nggak pake outsourcing di china sono..., tul kan wan...?

  2. Me.! says:

    Liat aja bahan bakunya. Kalo ada kata "amino acid" mesti dicurigain. Meski kata nyokap gw gak semua "amino acid" dari rambut, tapi waspada gak papa kan? ;)

    Kalo kecap indo, gw liat masih kedelai bahan bakunya. Gak tau kalo kecap yang murahan trus bahannya impor dari China sono.

  3. Anonymous says:

    wwwwaaaaaaa.......makan apa sih sekarang yang gak berbahaya?

  4. RizQey'z says:

    Wawaaaaan..... :P Huhuhuhuhuhuhuhhu... :(