Opensuse (Xubuntu juga), modem ADSL dan Speedy

Tuesday, April 17, 2007 | Label: | |

Entah kenapa ketika aku manggunakan Xubuntu maupun OpenSuse selalu merasa kesulitan pada saat koneksi ke internet lewat Speedy nya telkom. Gag tau masalahnya apakah di modemnya ataukah DNS Telkom yang gak mau resolve.

Sibuk sana-sini, ternyata aku harus mengedit file "/etc/dhclient.conf". Menambahkan dengan,

prepend domain-name-servers "IP DNS ISP anda";

Setelah itu, DNS pun sudah lancar me- resolve IP number. Dan broswing internet lancar secepat kilat.



Lalu masalah sebenarnya dimana ya?

4 komentar:

  1. Anonymous says:

    Halo...
    saya juga mengalami masalah yg sama dgn anda. Koneksi saya Speedy Home 1GB. Ubuntunya pake yg Feisty. Masalahnya adalah tiap kali komputer udah dimatiin trus besoknya mo konek lagi pasti ga bisa, pdhal udah ketik sudo pon dsl-provider berkali-kali tetep ga mau konek. Masa tiap hari hrs setup pppoeconf tiap mo konek speedy? Payah juga nih ubuntu. Tapi ntar saya mo coba tips anda. Makasih ya...

  2. Me.! says:

    Kalo sudah berhasil confirm yah..

  3. Anonymous says:

    saya pelanggan nya speedy nih. walau baru 1 bulan saya langsung bingung. coba kasih tau caranya membuat unlimited officenya jadi...enggak usah erlalu tinggi, 10Kbs x 8 aja, tapi stabil mas. kadang bingungnya saya 1 komputer enggak nyape 4Kb. padahal cuma pake 1 kompu aja. kan bingung. minta solusinya dan no dns nya yg bener aja deh.

  4. Me.! says:

    @anonymous :
    IP DNS pakek standarnya telekom pak. Sama dengan yang di setingan modem ADSL nya bawaan spidi. Btw, kalo weekend spidi saya downloadnya bisa sampek 40 KBps loh :)

    Kenceng tapi menakutkan kalo over quota :P

    Kalo masih lemot coba di cek kualitas kabel telpnya pak. Copot dulu modemnya trus cek bwat nelp. kalo kresek-kresek brati kualitas kabelnya yang jelek.