Bahan Bakar Alternatif

Friday, October 07, 2005 | | |

Tadi siang sampe sore, nguprek-nguprek, browsing kesana kemari. Cuma pengen tahu all about gasohol. Gasohol yang pengen gw tahu itu yang tipe 10%. Jadi campuran antara 90% bahan bakar premium + 10% ethanol kadar 99,5%. Kenapa tipe 10%? Karena menurut referensi, tipe itulah yang tidak membutuhkan perubahan yang drastis pada mesin kendaraan bermotor. Palingan cuma sedikit memperkecil pasokan udara. Karena ethanol sendiri mengandung oksigen.

Cuma, buat cari ethanol dengan kadar air 0,5% bukan hal mudah. Rata-rata ethanol yang ada berkadar air 5%. Menurut referensi gw, ini berbahaya buat mesin. Karena berat jenis air lebih besar dari gasoline. Yang ada nanti malah air nya mengendap di dasar tangki bensin. Terhisap dah ke mesin.
Jebol Aawww... :(

Kok gw jadi repot urusin gasohol yah? :) Ini mah karena efek harga BBM yang naek. Cari-cari deh bahan bakar alternatif. Kebetulan pula gasohol lagi populer. Yang sudah jauh memakai gasohol itu negara Brazil. Sudah berani pake gasohol 25% ethanol.

Kalo di Indo, gasohol itu bisa jadi substitusi nya pertamax plus. Lumayan kan, dari pertamax seharga > 5500 rupiah. Kalo pake gasohol 10% bisa cuma seharga Rp 4800,-
Itungan dari mana tuh? Begini, harga 1 liter premium itu Rp 4500,- dan harga 1 liter ethanol 95% itu Rp 7500,- dengan perbandingan 90% premium + 10% ethanol = Rp 4800,- gasohol/ liter. Hitungan kasar sih. Persoalannya ethanol nya masih berkadar 95%. Biar dapat ethanol 99,5% kan butuh biaya lebih :-)

2 komentar:

  1. Anonymous says:

    You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » » »

  2. Anonymous says:

    You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it peugeot niederlassung rhein main how to stop smoking craves caribbean cruises